Selasa, 01 Mei 2012

Sejarah Kampanye Nasional FoSSEI


KAMNAS (Kampanye Nasional) FoSSEI pertama kali diadakan sejak 2005 dibawah kepemimpinan Iqbal (IPB), walaupun bentuk ruh dari kampanye Nasional Ekonomi Islam sudah terlaksana sejak pertama kali FoSSEI berdiri, namun dibentuknya Kampanye Nasional lahir akan perlunya gerakan bersama yang massif demi terciptanya keoptimalan dalam pembumian Ekonomi Islam, KAMNAS sendiri merupakan sebuah sosialisasi ditingkat regional FoSSEI yang bertujuan memberikan pemahaman ekonomi islam yang kaffah dengan beberapa segmentasi yang menjadi focus utama dalam setiap kegiatannya, diantaranya ; guru, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Pada awal Kampanye Nasional tepat ditahun 2005, FoSSEI mengadakan serangkaian seminar yang kemudian menjadi prototype awal dari Kampanye nasional yang hari ini dilaksanakan, diantaranya ; seminar guru, training dai, seminar pelajar, dll. Namun, secara tidak sengaja pelaksanaan Munas di Riau, 2006, FoSSEI melakukan AKSI turun kejalan yang waktu itu melakukan serangkaian bentuk dukungan agar UU Perbankan Syariah segera di sahkan. Sampai akhirnya pada tahun 2007 di Jakarta untuk pertama kalinya FoSSEI menunjukkan eksistensinya di Ibukota sebagai wadah mahasiswa yang peduli terhadap ekonomi islam.

KAMPANYE NASIONAL terus berlangsung hingga disetiap tahunnya, pada 15 Mei 2010 FoSSEI kembali turun kejalan dengan mengangkat tema” Indonesia Bebas Riba”, sekaligus terdapat deklarasi 13 MEI sebagai hari Anti Riba, dilanjutkan pada 13 Mei 2011, dengan tema yang sama yaitu " Indonesia Optimis Tanpa Riba". Perlu di garis bawahi bahwa Essensi dari Kampanye Nasional bukan merupakan konstelasi politik yang identik dengan aksi dan demo. Essensi penting dari kampanye nasional adalah bagaimana FoSSEI mampu menjadi wadah bagi pengembangan dan pembumian ekonomi islam dengan senantiasa membantu masyarakat dalam memahami dan sebisa mungkin berjuang agar masyarakat dapat bebas dari kehidupan yang jauh dari nilai-nilai islam. Semoga saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar